Pemprov Sulbar Salurkan Sembako, Ali Baal Minta Pengawasan Kejati

Suratnusantara.com Mamuju-Pandemi Corona Virus belum juga memperlihatkan angka penurunan yang melanda 213 negara di dunia. Dari pusat hingga daerah, pemerintah indonesia mendorong sosial safety net (jaring pengaman sosial) untuk mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat corona yang kian mendera.
Pemerintah Sulawesi Barat akan menurunkan bantuan berupa sembako mulai besok, 21 april 2020, bagi warganya yang kurang mampu berdasarkan data Dinas Sosial.
Gubernur Sulbar – Ali Baal Masdar, dalam rapat virtual terbatas, senin 20 April 2020, mengatakan bantuan sembako sudah disalurkan masing-masing 200 paket di setiap Kelurahan sesulawesi barat.
Rapat melalui video conference itu diikuti Forkopimda dan para bupati Se-Sulbar yang berlangsung di ruang Oval Kantor Gubernur Sulbar. Sembako akan dibagi dimulai dari kabupaten Mamuju.
Pemprov Sulbar menargetkan distrbusi sembako dapat tuntas di bulan april 2020.
Selain itu, pada bulan juli mendatang Pemprov sulbar juga akan menurunkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui program Marasa untuk 190 desa di Sulbar.
“Pemkab bisa menggunakan dana desa yang ada sebesar 30 persen dan itu dipakai selama tiga bulan kedepan, pada bulan berikutnya akan menyusul bantuan sosial atau Bantuan Lansung Tunai (BLT) untuk masyarakat, Pemberian bantuan berdasar dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” kata Ali Baal.
Update Perkembangan Covid-19, 20 april 2020:Terkonfirmasi 2.319.066 kasus di seluruh dunia dan kematian 157.970 orang. Indonesia tercatat 6.760 kasus, sembuh 747 dan meninggal 590 orang.
“Jadi bantuan-bantuan ini kita tidak diberikan dalam satu bulan sekaligus, namun disalurkan secara berangsur-angsur agar tidak tumpang tindih, Ini dilakukan agar semuanya berjalan dengan baik,” sambung Ali Baal.
Pemerintah menghimbau masyarakat agar tetap bersabar dan tidak khwatir.
“Kepada Kajati, BPK dan DPRD Sulbar, dan APIP untuk bersama -sama mengawal proses penyaluran bantuan tersebut agar berjalan dengan baik,” ujar Ali.
Gubernur Sulbar juga menyinggung soal Alat Pelindung Diri (APD) yang menjadi keluhan para medis dari sejumlah Puskesmas dan rumah sakit di daerah.
Ali mengatakan, hal tersebut akan segera dipenuhi sesuai dengan permintaan dari setiap kabupaten.
Ali Baal juga meminta Kepala daerah agar seegera menuntaskan relokasi dan refocusing anggaran sesuai batas akhir yang ditetapkan Mendagri RI. (AD/LS)

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *