Pemprov Sulbar Minta Data Penerima Sembako Valid dan Tepat Sasaran

Suratnusantara.com Mamuju-Sekertaris Daerah Provinsi Sulbar – Muhammad Idris, menegaskan penyaluran bantuan sosial akibat dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 harus satu komando sehingga validasi data antara kabupaten dan provinsi bisa sama.
“Validasi data antara kabupaten dan provinsi ini tidak boleh dianggap biasa terutama data berbasis sosial,” tegas Idris, dalam rapat virtual terbatas, senin 20 april 2020.
Idris meminta kepala daerah untuk mengistruksikan Dinas Sosial, Dinas Koperindag dan Dinas Kesehatan agar memberikan data yang valid.
“Hal ini perlu dilakukan sehingga kebijakan yang akan diambil Gubernur Sulbar bisa memenuhi target nasional, tepat sasaran dan tidak ada masyarakat yang mendapatkan bantuan sosial yang ganda,” terang Idris.
Sementara, Kepala Dinas Sosial Sulbar – Bau Akram Da’i, menjelaskan bantuan dari pemerintah pusat dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 91 ribu rumah tangga. Sedangkan bantuan hibah dari Kementerian Sosial dalam bentuk BLT sebanyak 75 ribu KK.
“Itu berarti DTKS yang akan dibantu Pemprov Sulbar akan memenuhi dari semua unsur, yaitu bantuan langsung dalam bentuk sembako maupun BLT,”kata Bau Akram dalam rapat bersama Forkopimda dan 6 Bupati di Sulawesi Barat.
Bau Akram meminta Dinas Sosial Kabupaten untuk secepatnya menindaklanjuti surat dari Kementerian Sosial terkait permintaan data sehingga proses pemberian BLT tersebut dapat segera dilaksanakan.
“BLT akan diterima langsung oleh masyarakat melalui Kantor Pos dan Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) yang ada di Sulbar,” pungkasnya. (AD/LS).

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *