Akibat Surat Edaran BPJS, Begini Nasib Pasien RSUD Mamuju

suratnusantara.com

Mamuju- Fitriani salah satu pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mamuju, kecewa atas berlakunya surat edaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Mamuju, yang berdasarkan pada perpres no 82 tahun 2018, yang berdampak pada sulitnya pengurusan BPJS bagi masyarakat yang sedang sakit sebab harus di buat dengan cara kolektif melalui kepala desa masing-masing.

Menurut Fitriani saat di temui di RSUD kamis (24/1/2019), bahwa keluarganya sudah berupaya melakukan pengurusan BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran), namun terkendala karena adanya aturan baru tersebut, sehingga dia merasa kecewa dan hanya bisa pasrah dengan penyakit kista yang di deritanya, lantaran tidak mampu dalam hal biaya, padahal menurut dokter dia harus segera di operasi.

“Kita ini dari keluarga tidak mampu hanya berharap sama bpjs, tapi kalau begitu lagi aturannya kasian, ya tambah napersulit ki lagi kasian, apalagi kita ini yang sementara sakit”. Kata Fitriani dengan nada kecewa.

Sementara itu, di tempat yang berbeda Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, Muhammad Hasrul. SE. M. Si menuturkan bahwa pihaknya tidak bisa berbuat lebih, karena harus tunduk pada surat edaran yang telah dikeluarkan pihak BPJS.

“Kami sangat ingin membantu masyarakat, tetapi kami juga harus tunduk pada aturan yang berlaku, jadi kami hanya menjalankan aturan, kalau ingin informasi yang lebih jelas silahkan tanyakan ke BPJS”Kata Hasrul.

Keluarga Fitriani hanya bisa berharap pihak BPJS bisa memberikan kebijakan agar Fitriani segera dioperasi mengingat penyakit yang di deritanya semakin parah.

Di konfirmasi melalui sambungan whatsApp, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Mamuju, membenarkan bahwa tidak dapat mengurus BPJS, jika tidak secara kolektif yang didaftarkan oleh pemerintah daerah, meskipun sedang sakit dan sudah mengantongi surat keterangan tidak mampu dari desa dan camat setempat.

Reporter: Riswandi

Penulis: Nauval Farhan

 

 

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *