Mengulang Peristiwa Dua Tahun Silam, Gubernur Sulbar Tidak Hafal Pancasila? Ini Kata Mahasiswa

Suratnusantara.com Sulbar-Tahun 2017 lalu saat upacara memperingati hari Pahlawan Nasional, Gubernur Sulawesi Barat H. Ali Baal Masdar (ABM) membaca terbalik Pancasila, hingga menjadi viral di media sosial.

Kali ini hari Pahlawan Nasional tahun 2019, untuk kedua kalinya ABM salah saat membacakan urutan lima sila dari Pancasila, yakni salah satu sila dilangkahi atau tidak dibacakan.

ABM sempat melewatkan sila kedua, yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Saat membacakan Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara.

Upacara di halaman Kantor Gubernur Sulbar tadi pagi dihadiri pimpinan Forkopimda seperti Danrem, Danlanal TNI AL serta Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar.

Akibat dari kesalahan yg dilakukan oleh orang nomor satu disulbar ini, kecaman dari berbagai pihak mulai bermunculan salah satunya adalah aktivis mahasiswa Sulbar sekaligus ketua umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Mamuju Muhammad Hasanal mengatakan bahwa “Sebagai mahasiswa, Saya sangat menyayangkan dan merasa malu atas kesalahan pembacaan teks pancasila yang kedua kalinya oleh bapak Gubernur Sulawesi Barat selama masa jabatannya” Ungkap Hasanal.

“Seharusnya ini tidak terjadi, mengingat ABM sendiri sudah pernah melakukan kesalahan yang sama, tepatnya pada 2017 silam. Hal tersebut yang membuat sulawesi barat terkenal dikancah Nasional dengan kekonyolan tersebut” Lanjutnya.

“Jika kemarin masyarakat bisa memaklumi kalau itu adalah kekhilafan sebagai manusia biasa. Tapi sekarang tentu kita semua malu dengan gubernur yang melakukan kesalahan¬† fatal yang sama. Sehingga peristiwa seperti ini membuat kita masyarakat tidak bisa menerima, Gubernur merupakan simbol daerah. Seharusnya bisa mengevaluasi diri dan hati-hati atas kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan” Tegas Hasanal.

Ipee/Ah

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *