Majelis Tabligh Muhammadiyah Sulbar Bekerjasama STIE Muhammadiyah Mamuju Menggelar Pengkajian Pra Ramadhan

Suratnusantara.com,Mamuju-Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Majelis Tabligh Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju, menyelenggarakan Pengkajian pra Ramadhan bertempat di aula kampus STIEMM, Hari Selasa (30/4/2019).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 30 April – 1 Mei 2019, mengangkat tema “Spirit Ramadhan untuk Sulbar yang Berkemajuan dan Mencerahkan” yang melibatkan langsung tiga Narasumber yang berkompeten di bidangnya, yakni ketua Majelis Tablig PWM Sulbar, Ustadz Rabani M.Pd, Majelis Tarjih Kota Surakarta, Al Furqon Hasbi, Lc.,M.Ag, dan wakil ketua empat bidang Al-Islam Muhammadiyaan STIE MM, Furqon Mawardi M.Pd.

Ketua Panitia Pengkajian Ramadhan, Kaharuddin, mengatakan Kegiatan ini melibatkan Peserta berasal dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), pimpinan Daerah Aisiyah (PDA) se-Sulawesi Barat, ortom-ortom Muhammadiyah dan diikuti oleh Pimpinan, dosen serta staf STIE Muhammadiyah Mamuju, yang dimaksudkan agar kita punya kesiapan dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan,
Selain itu, lanjut Kaharuddin, ini juga merupakan bentuk sinergitas yg baik antar Majelis Tablig Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah,

Ketua STIE MM, Mukhtar Baso mengatakan, Pengkajian ramadhan merupakan program tahunan Bidang Al-Ilam Kemuhammadiyah STIE MM disetiap bulan ramadhan.namun, kali ini kita adakan menjelang ramadhan sehingga kita sebut Pengkajian Pra Ramadhan yg dimaksudkan untuk bagaimana bisa siap memasuki ramadhan.

Rramadhan menjadi bulan penting dalam mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, karna adanya penggandaan pahala atas amalan yg dilakukan, untuk itulah kemudian kita harus mempersiapkan, salah satunya adalah ilmu dan pengetahuan tentang ramadhan itu, Lanjut Mukhtar Baso.

“Pengkajian pra Ramadhan ini juga dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan bagi para dosen dan pengelola kampus, agar kita sama-sama bisa lebih meningkatkan ibadah lebih berkualitas, sehingga akan lahir pribadi Tattakun,”ujar Mukhtar Baso.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, Ustadz wahyun Mawardi, dalam tausyiahnya menyampaikan bahwa spirit menyambut ramadhan harus ada dalam setiap pribadi umat islam dan menjadi ukuran kuat lemahnya iman seseorang. Dibutuhkan 4 persiapan menyambut ramadhan, persiapan ruhiyah (Niat ikhlas), persiapan fikriyah (ilmu), persiapan jasadiyah(fisik) dan persiapan Maaliyah (Harta). Menurutnya kegiatan kajian ini sebagai bentuk kesiapan Fikriyah, meng-ilmui ramadhan sehingga kualitas pengamalan ibadah ramadhan lebih baik.
“Saya juga berharap dalam memyambut bulan suci ramadhan ini, pesan kepada ibu-ibu jangan terlalu boros, sebab inilah yang menyebabkan inflasi terjadi,” Tutup ustadz Wahyun Mawardi.

 

Penulis : Sri indah Sari

Reporter : Hadi

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *