Hadiri Bincang Media, Habsi Sebut Kehadiran QRIS Memiliki Banyak Manfaat

Suratnusantara.com Mamuju-Bupati Mamuju Habsi Wahid menyebut kehadiran Response Indonesia Standard (QRIS) dapat meningkatkan pendapatan PAD, dan mewujudkan akuntabilitas, dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Hal ini disampaikan saat Bupati Mamuju menghadiri bincang media yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia dengan mengangkat tema ” Implementasi penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mamuju”.Kamis(09/07/20).

Bupati Mamuju Habsi Wahid mengatakan, seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat tren digitalisasi telah mengubah perilaku transaksi masyarakat kearah tuntutan yang lebih besar pada kecepatan fleksibilitas dan keamanan.

Tuntutan digitalisasi tampaknya sejalan dengan potensi pasar di Indonesia dengan adanya bonus demografi, yaitu cukup besarnya jumlah penduduk generasi milenial. Harapannya ke depan dengan adanya demokrafi muka upaya percepatan dalam perluasan elektronifikasi dapat dilakukan secara optimal.

Saat ini kita dihadapkan pandemik Covid-19 yang melanda seluruh wilayah Indonesia termasuk Sulawesi Barat, sehingga membutuhkan kanal transaksi pembayaran yang dapat meminimalkan kontak fisik dalam bertransaksi.Quick response Indonesia standard ( QRIS ) merupakan kanal pembayaran secara non tunai yang dapat mendukung physical distancing.

Dengan bertransaksi secara non tunai dengan menggunakan QRIS merupakan implementasi dari kesiapan kita untuk menyambut new normal.ujar Habsi Wahid.

Olehnya itu Pemerintah Kabupaten Mamuju mendukung kebijakan Bank Indonesia sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk mendorong Elektronifikasi Transaksi Pemerintah(ETP).

Pemerintah Kabupaten Mamuju bekerjasama dengan Kpw bank Indonesia Sulawesi barat dan bank Sulselbar menyediakan 9 QRIS untuk pembayaran pajak dan retribusi, yang pertama BPHTB, pajak hiburan,pajak hotel, pajak minerba, pajak parkir, pajak reklame, pajak restoran,PBB P2, retribusi pasar.

“Kabupaten Mamuju menjadi daerah pertama di Sulawesi Barat yang memiliki QRIS untuk pembayaran pajak dan retribusi”.

Dengan adanya QRIS sebagai kanal pembayaran pajak dan retribusi di Kabupaten Mamuju, tidak hanya memberikan kenyamanan wajib pungut pajak ketika membayar,namun dapat meningkatkan pendapatan PAD, dan mewujudkan akuntabilitas, dan transparansi pengelolaan keuangan daerah.

Habsi Wahid mengajak seluruh masyarakat Mamuju menjorok implementasi transaksi secara digital dengan memanfaatkan QRIS sebagai kanal pembayaran.Lal).

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *