Dorong Pemilu Bersih, Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sulbar Deklarasi Bersama Penyelenggaraan Pemilu Dan Akademisi

suratnusantara.com

Mamuju-¬†Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) tingkat Sulawesi Barat mengadakan deklarasi dan dailog publik dengan tema “Penguatan Kapasitas Penyelenggara Pemilu¬† dalam menyongsong Pemilu Tahun 2019” minggu (23/12/2018).

JaDI Sulbar merupakan lembaga yang terdiri dari sejumlah mantan komisioner KPU dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) di Sulbar. Lembaga ini didirikan untuk mendorong terlaksananya pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber-jurdil), serta terwujudnya keadilan, integritas dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Deklarasi JaDI pada ahad pukul 14:30 wita yang digelar di aula Kampus 2 STIE Muhammadiyah Mamuju, Sulawesi Barat, . Dan dilanjutkan dialog publik terkait pemilu. ketua presidum JaDI Sulbar mengatakan, keberadaan JaDI merupakan sebuah langkah yang baik untuk bersama mengawal pemilu yang bersih. Narasumber dialog publik ini terdiri dari ketua KPU Sulbar, ketua Bawaslu Sulbar, Presidium nasional JaDI, ketua STIE Muhammadiyah Mamuju dan Rektor Universitas Tomakaka Mamuju.

“Dalam proses persiapan pemilu kami berharap kerja sama tetap harus dilakukan, dan kami juga mengajak Bawaslu untuk rutin meninjau logistik disetiap gudang penyimpanan di daerah masing-masing,” ucap rustang Ketua Pemilu Sulbar.

Ketua STIE Muhammadiyah Mamuju, Muchtar Baso sangat mengapresiasi terbetuknya JaDI di Sulbar dan mengharapkan pelaksanaan pemilu untuk senantiasa menjalin hubungan dengan baik dilingkungan Mahasiswa.

Dikatakannya, lembaga yang juga dibentuk dari tingkat pusat hingga provinsi ini memiliki sejumlah tujuan, antara lain memeperkuat pelembagaan demokrasi, mendukung sistem berintegritas untuk pemerintahan yang bersih, menguapayakan tercapainya keadilan sosial, ekonomi dan gender serta mendorong tata kelola pemerintahan yang baik dan melindungi hak asasi manusia dan dan pelestarian lingkungan.

Bertolak dari tujuan tersebut, JaDI memeiliki sejumlah Program seperti advokasi, pendidikan dan pelatihan, kajian atau riset, publiaksi, pembangunan jaringan dan kerjasam, jasa konsultasi serta sejumlah kegiatan lain.

Dalam waktu dekat, JaDI mendorong KPU dan Bawaslu melibatkan Mahasiswa dalam mengawal pemilu di daerah serta akan fokus pada isu strategis seperti pengelolaan potensi kerawanan dalam pemiku di Sulbar, jaminan pemenuhan hak pilih warga, memastikan pengawasan dan penindakan pelanggaran pemilu serta sengketa pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Penulis : Nauval Farhan

Reporter : hadi Putra

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *