Demo Dibubarkan Paksa, HMI Sulselbar: Aparat Jangan Tinggal Diam

Suratnusantara.com Makassar – Negara menjamin dan melindungi hak konstitusional warga negaranya dalam menyampaikan pendapat di muka umum sebagaimana diatur dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 (“UUD 1945”), serta Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum (“UU 9/1998”).

Insiden pembubaran secara paksa hingga mengejar peserta aksi yang mengakibatkan korban luka pada kader Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) saat menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (19/08). Badko HmI Sulselbar mengecam keras tindakan premanisme tersebut.

Tak hanya membubarkan paksa massa aksi, tindakan premanisme yang dilakukan oleh sekelompok massa ini juga melakukan pengrusakan terhadap atribut massa aksi seperti bendera HmI.

Sekelompok massa ini beberapa diantaranya terlihat membawa senjata tajam seperti sangkur dan pisau yang diduga gabungan pendukung Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Nurdin Abdullah.

Pengurus Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sulawesi Selatan dan Barat (Badko HmI Sulselbar) mengecam tindakan berbentuk premanisme dalam menghalang-halangi hak konstitusional dalam menyampaikan pendapat atau unjuk rasa.

Seperti yang diketahui, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Badko HmI Sulselbar tersebut bertujuan mengawal proses sidang Hak Angket DPRD Sulsel agar berjalan sesuai mekanisme dan tidak diintervensi oleh kepentingan yang akan membelokkan arah rekomendasi sehingga tidak sesuai dengan fakta sidang angket.

Namun sayangnya, aksi tersebut berujung pada insiden pembubaran paksa yang telah menciderai nilai-nilai demokrasi.

Atas peristiwa tersebut, Badko HmI Sulselbar mendesak pihak kepolisian agar melakukan penindakan sesuai prosedur hukum bagi pelaku pembubaran dan penganiayaan terhadap kader HmI pada saat menggelar aksi tersebut sebagai upaya penegakan hukum dan demokrasi.

“Kami mengutuk pelaku premanisme terhadap massa aksi HMI. Aparat tak boleh tinggal diam, kami mendesak pihak yang berwajib untuk segera mengambil langkah hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Syamsumarlin Ketua Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia, Badko HMI Sulselbar.

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *