1 Orang Tewas, 11 Orang Mengalami Luka-Luka Akibat Air Laut Pasang

suratnusantara.com

Jakarta- Gelombang air laut di wilayah Banten mengalami pasang hingga kedaratan, dan membuat masyarakat panik berlarian mencari ketinggian. Data sementara sedikitnya 11 orang luka luka dan  1 orang dinyatakan meninggal dunia akibat pasangnya air laut di wilayah Anyer, Banten malam tadi pukul 21.37 WIB. (22/12/2018).

”Data yang kami peroleh dari BPBD saat ini, 1 orang meninggal dunia dan 11 orang mengalami luka luka. Sampai saat ini kami belum mendapat data secara detail identitas korban” kata kepala Human BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Sutopo menegaskan bahwa memang terjadi kenaikan air laut hingga ke pemukiman di sekitar pantai Anyer maupun di pantai Lampung Selatan. Namun kenaikan air laut ini bukan disebabkan oleh tsunami, melainkan adanya fenomena pasangnya air laut. Dan pasangnya air laut ini tidak ada kaitannya dengan erupsi gunung anak Krakatau. Beliau juga menghimbau masyarakat tidak perlu mengungsi sampai ke ketinggian dan masyarakat diharapkan kembali ke rumah masing masing tetapi tidak melakukan aktivitas di sekitar pantai.

”Air pasang ini bukan disebabkan adanya tsunami, karna tsunami itu dibangkitkan atau disebabkan adanya gempa bumi yg cukup besar sekitar 7 skala richter dan berada pada kedalaman  kurang dari 22 km, namun kita melihat apa yg terjadi di Selat Sunda ini disebabkan oleh gelombang pasang bukan tsunami,” tutup Sutopo.

 

surat nusantara

surat nusantara adalah sebuah media online yang bergerak di bagian berita. surat nusantara perlokasi di daerah mamuju, sulawesi barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *